Langsung ke konten utama

Walikota Probolinggo Hadiri Senam Sehat Kampung Tangguh Sumber Wetan

Walikota Probolinggo Hadiri Senam Sehat Kampung Tangguh Sumber Wetan
K

egiatan Senam Sehat Kampung Tangguh Semeru “Kadarsih”, Minggu (14/06), menjadi sangat istimewa dengan kehadiran orang nomer satu di Kota Probolinggo, Walikota Habib Hadi Zainal Abidin, beserta wakilnya, Mochammad Soufis Subri, dan rombongan termasuk para pimpinan OPD Kota Probolinggo. Di tengah kegiatan bersepeda yang menjadi olahraga rutinnya di hari Minggu, Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Tangguh “Kadarsih” (Kampung Sadar Bersih) yang berlokasi di perumahan Kademangan Permata Regency, kelurahan Sumber Wetan, kecamatan Kedupok, kota Probolinggo.

Kunjungan yang bersifat non-formal tersebut diawali dengan peresmian bilik desinfektan buatan warga secara mandiri yang terletak di akses masuk kawasan perumahan. Setelah menggunting pita peresmian, Habib Hadi Zainal Abidin berjalan memasuki bilik dan diikuti oleh wakil walikota dan rombongan, untuk disemprot dengan cairan desinfektan yang lebih menyerupai kabut dan aman bagi kulit dan pakaian.

Setelah beristirahat sejenak, Habib Hadi Zainal Abidin dan rombongan memasuki lapangan yang sejuk dikelilingi oleh pepohonan di mana warga telah menunggu dengan antusias untuk berolahraga bersama kepala daerahnya. Senam Sehat yang berlangsung kira-kira 20 menit tersebut diikuti oleh hampir seluruh warga perumahan dan pengurus Kampung Tangguh “Kadarsih” Sumber Wetan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, diantaranya yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Senam Sehat Kampung Tangguh Semeru
Walikota Probolinggo bersenam bersama warga.

Selepas kegiatan senam, wakil walikota H.M. Soufis Subri menyatakan dalam sambutannya bahwa kesehatan adalah harta yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik melalui olahraga sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas terhadap serangan penyakit, khususnya Covid-19 yang sedang mewabah akhir-akhir ini. Beliau juga mengingatkan bahwa era new normal tidak boleh membuat masyarakat lengah dan menganggap bahwa wabah Covid-19 telah berlalu. Oleh karena itu, masyarakat harus selalu waspada karena pencegahan jauh lebih baik daripada penyesalan yang membutuhkan biaya mahal, tandasnya.

Habib Hadi Zainal Abidin beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk mengunjungi deretan stan UMKM, stan Rapid Test, serta stan Donor Darah yang terletak di sisi lapangan. Di setiap stan UMKM, Habib Hadi Zainal Abidin dan rombongan bertanya jawab dengan pemilik UMKM terkait produk serta keluh kesah mereka. Beliau berharap agar usaha-usaha milik masyarakat tersebut dapat bertahan dan terus berkembang di tengah pandemi Covid-19, dan salah satu upaya pemasaran yang paling efektif adalah memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dll. Di samping itu, pemerintah daerah akan mempermudah akses bagi para pemilik usaha dalam mendapatkan bantuan pengembangan usaha melalui kartu UMKM, tegasnya, sebagaimana yang telah disampaikannya kepada warga dalam kunjungan minggu lalu.

Walikota Probolinggo Hadiri Senam Sehat Kampung Tangguh Sumber Wetan
Walikota Probolinggo membeli pentol saat mengunjungi stan UMKM.

Sebagai wujud nyata perhatian serta dukungannya terhadap keberadaan Kampung Tangguh “Kadarsih” Sumber Wetan, Habib Hadi Zainal Abidin dan rombongan secara sukarela ikut berpartisipasi dalam mengisi kotak donasi yang diedarkan oleh pengurus. Menurut koordinator kegiatan, Lutfi Andi Firmansyah, kotak donasi ini merupakan bagian dari program “beras jimpitan” yang merupakan pengejawantahan azas “dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat” sebagai landasan setiap kegiatan Kampung Tangguh “Kadarsih” Sumber Wetan dalam mencapai misinya, terutama yang berkaitan dengan bidang sosial ekonomi yaitu membangun solidaritas masyarakat di masa pandemi, serta membangun kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam rangka meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Hasil perolehan dari program “beras jimpitan”, termasuk kotak donasi, akan dipergunakan di antaranya untuk menjaga keberlanjutan program kegiatan serta mengisi lumbung pangan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Di akhir kunjungan, Habib Hadi Zainal Abidin berkenan membagikan buah tangan hasil swadaya masyarakat berupa makanan tradisional khas Indonesia yang sangat ampuh untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, yaitu tempe lengkap dengan sayur mayur, kepada warga. Dengan antusias, warga berbaris rapi dan tetap menjaga jarak sebagai budaya baru sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah dalam menghadapi era new normal ini. Antusiasme warga berlanjut ketika warga berebut dan saling bergantian berfoto bersama Habib Hadi Zainal Abidin sesaat sebelum beliau meninggalkan lokasi.

Di tempat dan kegiatan yang sama, Camat Kedupok Imam Cahyadi, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kunjungan bapak Walikota Probolinggo beserta jajarannya dalam kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan tersebut merupakan wujud nyata apresiasi seorang kepala daerah terhadap kegiatan warganya. Kepada ketua Kampung Tangguh "Kadarsih" Sumber Wetan, Hermanto, dan anggota pengurus lainnya, Imam Cahyadi juga mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas kekompakan dan kegotongroyongan warga perumahan Kademangan Permata Regency Sumber Wetan, yang patut menjadi suri tauladan untuk dicontoh oleh masyarakat di wilayah-wilayah lainnya.

Ayo Jogo Jawa Timur, Rek!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Laporan Kegiatan Penanaman Pohon (Replantation)

Berikut ini kami bagikan contoh laporan kegiatan Penanaman Pohon (Replantation) yang pada umumnya dilakukan oleh sekolah untuk mendidik siswa-siswinya tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup menuju "Sustainable Lifestyle" (Gaya Hidup Berkelanjutan). Kegiatan ini pernah dilakukan oleh SMKN 1 Probolinggo dalam rangka mengembangkan Taman Wisata Studi Lingkungan Kota Probolinggo pada tahun 2010. Semoga bermanfaat. LAPORAN KEGIATAN PENANAMAN POHON DALAM RANGKA PEMBUATAN DEMPLOT HUTAN KOTA PROBOLINGGO A. LATAR BELAKANG Kerusakan hutan di Indonesia mempunyai kecepatan 6 kali lapangan bola per detiknya, sementara hutan alam dan HTI hanya mampu memasok 23% dari total permintaan (63, 4 juta per tahun). Belum lagi masalah bencana yang sudah terjadi sebanyak 673 kali dalam kurun waktu 1998-2004 dan 60% di antaranya merupakan kesalahan pengelolaan lingkungan. Juga krisis air yang melanda pulau Jawa, di mana pulau terpadat di

Forum Group Diskusi Polres Probolinggo Kota Bersama KTS

R abu, 28/10, Polres Probolinggo Kota menjadi fasilitator kegiatan Forum Group Diskusi (FGD) bersama relawan Kampung Tangguh Semeru sekota Probolinggo. Kegiatan yang diadakan tepat di hari Sumpah Pemuda dan bertempat di Gedung CU Mandiri Jalan Dr. Saleh Kota Probolinggo itu mengambil tema "Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota". Dalam sambutannya di awal acara, Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Ambariyadi Wijaya, mengapresiasi Kampung Tangguh Semeru sekota Probolinggo yang telah ikut berperan sebagai mitra Polri dalam upaya pencegahan dan penanggulangan dampak wabah Covid-19. Beliau memberikan motivasi kepada seluruh relawan agar selalu menjaga semangat mereka dan terus berperan secara aktif di tengah masyarakat. Hadir sebagai pemateri dalam diskusi tersebut, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Probolinggo Dr. Intan Sudarmadi, Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Dinas Kesehatan (Dinkes)

Proses Lahan Pemakaman Tersendat, Warga Sumberwetan Resah

H ampir setahun belakangan ini, warga perumahan Kademangan Permata Regency Kelurahan Sumberwetan Kota Probolinggo merasa resah setiap kali ada warga yang meninggal. Keresahan tersebut dipicu oleh beredarnya kabar tentang penolakan masyarakat sekitar terhadap pemakaman jenazah warga perumahan Kademangan Permata Regency di kompleks pemakaman yang selama ini digunakan bersama selama bertahun-tahun, yaitu pemakaman umum yang berlokasi di sekitar lapangan Sumberwetan di Jalan Mangga. Warga telah menyampaikan keresahan mereka kepada pihak pengembang kompleks perumahan Kademangan Permata Regency, PT. Tri Graha Sukses Mandiri. Sebagai konsumen, warga berharap agar pengembang dapat menyediakan lahan pemakaman yang berlokasi tidak jauh dari kompleks perumahan dengan jumlah penghuni lebih dari 160 KK tersebut. Hal ini juga sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur tentang penyediaan lahan pemakaman oleh pengembang kompleks perumahan, yaitu Perwali no. 15 tahun 2018, dan PP 64 tahun 2016. H